Tunggu, sedang memuat. . .

5 Langkah Tepat Mengamankan Data dari Ransomware

5 Langkah Tepat Mengamankan Data dari Ransomware – Saat ini banyak sekali bisnis yang menarik untuk mengembangkan chiper-malware dan beberapa waktu lalu sebuah fakta telah membuktikan jika Ransomware telah mencoba untuk mengenkripsi data – data dari setiap 1 dari 10 pengguna B2B.

Simak informasi selengkapnya tentang ransomware yang akan viatekno.com ulas berikut ini.

Virus yang tengah booming bernama Ransomware memang cukup mengejutkan beberapa saat yang lalu. Virus ini memang lebih identik dengan situs konten terlarang 17 tahun keatas.

Baca Juga: Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia

Langkah Tepat Amankan Data dari Ransomware

Langkah Tepat Amankan Data dari Ransomware

Apakah Ransomware ?

Ransomware merupakan salah satu jenis malware yang akan membatasi penggunaan akses pada komputer yang juga sekaligus menularkan dengan berbagai cara dan juga meminta para pengguna dalam hal ini adalah korban agar membayarkan uang tebusan pada operarator malware itu agar pembatasan dapat dihapuskan.

Dalam beberapa kasus, ransomware mengamankan beberapa file dari komputer tetapi tidak meminta tebusan dan pada sebagian kasus lainnya meminta tebusan pada korban atau pengguna agar terbuka kembali aksesnya.

Ransomware sendiri juga dapat muncul sebagai sebuah trojan dan juga beberapa file yang sah dan bukan seperti layaknya virus.

Pada awalnya, ransomware ini sangat terkenal di negara Rusia yang kemudian mulai banyak korban lainnya dalam skala internasional yang terjadi sekitar bulan Juni pada tahun 2013.

Saat itu sebuah perusahaan antivirus yakni McAfee sedang merilis data dari serangan ransomware dan terdapat data sebanyak 250.000 buah serangan dan terus meningkat dua kali lipat sampai awal 2014.

Total serangan dari ransomware sampai bulan Juni tahun ini mencapai 15 Juta US Dollar.

Cara mengamankan data dari ransomware

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengamankan data dari ransomware meskipun memang tidak bisa menjadi jaminan jika pemulihan data bisa secara lengkap.

Baca Juga:  Panasonic Eluga Note Phablet Octa-Core, Kamera 16 MP Harga 2 Jutaan

1#. Membuat back-up salinan

Cara pertama adalah membuat back-up atau salinan dari seluruh file penting secara reguler atau teratur.

Dalam hal ini diperlukan 2 buah back-up, untuk yang pertama pada cloud contohnya Google Drive atau Dropbox dan yang satu lagi pada server tambahan.

2#. Gunakan layanan ternama

Langkah kedua adalah dengan menggunakan penyedia dari layanan yang sudah memiliki nama dan dapat dipercaya yang secara khusus telah berinvestasi pada hal keamanan.

Penyedia layanan ini juga sekaligus mengeluarkan audit tentang keamanan di infrastruktur cloud atau dengan pihak yang ketiga.

3#. Hindari perangkat lunak anti-malware dan layanan keamanan gratis

Langkah sekanjutnya adalah selalu hindari penggunaan dari sebuah layanan keamanan dan juga perangkat anti-malware yang gratis.

Hal ini dikarenakan, umumnya dalam usaha skala kecilberharap fitur keamanan sudah mencukupi dari solusi gratis tersebut.

4#. Perbaharui Browser, OS dan Anti-virus

Langkah selanjutnya adalah dengan secara konsisten dan teratur perbaharui terus browser, OS, Anti-virus dan aplikasi yang lainnya karena penjahat cyber menginfeksi pengguna perangkat dengan cara memanfaatkan kerentanan dari perangkat lunak tersebut.

5#. Waspada pada unsolicited attachment

langkah selanjutnya adalah waspadalah dengan unsolicited attachment karena penjahat cyber biasanya menggunakan kembimbangan ini sebagai sebuah alat yang bisa mempengaruhi anda dari segi psikologis antara membuka dokumen ataupun tidak dan sementara itu, anda sendiri juga tidak tahu apakah dokumen tersebut benar atau tidak.

Saat anda sedang berada dalam kembimbangan ini, sebaiknya jangan lakukan dan konsultasikan dengan tim IT anda.

Itulah tadi beberapa penjelasan lengkap tentang apa itu ransomware dan beberapa  cara yang dapat anda lakukan agar data yang anda miliki bisa terhindar dari virus ransomware. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami.

5 Langkah Tepat Mengamankan Data dari Ransomware | Maressa Bernadetta | 4.5