Tunggu, sedang memuat. . .

Alasan Samsung Singkirkan Chipset Qualcomm Snapdragon 810 dari Lini Produknya

Samsung Singkirkan Snapdragon 810 – Belum lama ini, Bloomberg melaporkan bahwa vendor Samsung telah menyingkirkan chipset terbaru dan terhebat besutan Qualcomm dari mobile SoC yang bernama Snapdragon 810. Alasan Samsung menyingkirkan Qualcomm Snapdragon 810 dan menggantinya dengan chipset buatannya sendiri, dalam hal ini Exynos, adalah karena Qualcomm Snapdragon 810 memicu smartphone menjadi panas dengan cepat.

Ini bukanlah pertama kalinya Snapdragon diisukan memicu pemanasan pada smartphone dengan sangat cepat. Bahkan, sebelum diprosuksi secara massal, chipset dari Qualcomm ini telah berkali-kali diisukan bermasalah, diantaranya adalah masalah driver, ataupun control memori yang buruk. Singkatnya chipset tersebut tak dapat diandalkan.

Smartphone Menggunakan Qualcomm Snapdragon 810

Tak diketahui apakah masalah tersebut benar adanya. Namun, pada kenyataannya ada beberapa lini produk 2015 yang baru-baru ini dirilis justru menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 810. Diantara lini produk tersebut adalah LG G Flex 2 dan Xiaomi Mi Note Pro.

Snapdragon 810

Menurut wakil presiden dari LG Mobile, Woo Ram-chan, Snapdragon 810 yang disematkan pada smartphone LG G Flex 2 justru memancarkan panas yang lebih sedikit dibandingkan smartphone lainnya. Lebih lanjut Woo Ram-chan mengatakan bahwa masalah pemanasan smartphone yang disebabkan oleh chipset Qualsomm Snapdragon belum tentu benar.

Tak diketahui alasan Samsung yang sesungguhnya mengganti chipset Qualcomm Snapdragon 810 dengan chipset buatannya sendiri. Namun, tentunya dengan melakukan hal tersebut Samsung mampu menekan biaya produksi smartphone besutannya sehingga Samsung akan mempunyai kontrol penuh terhadap smartphone yang diprosuksinya, baik dalam hal software ataupun hardwarenya.

Kemungkinan besar masalah pemanasan cepat smartphone yang disebabkan oleh chipset Qualcomm Snapdragon 810 hanyalah kesalahpahaman atau bisa jadi merupakan kebetulan semata. Namun, jika hal ini benar, maka bagaimana dengan klaim LG G Flex 2? Hanya waktu yang dapat membuktikannya.

Baca Juga:  Lenovo SoftBank 503LV Smartphone Dengan Windows 10
Alasan Samsung Singkirkan Chipset Qualcomm Snapdragon 810 dari Lini Produknya | Maressa Bernadetta | 4.5