Cara Back-up Data Pada Android

Cara Backup Data Pada Android

Posted on

Bagi sebagian pengguna Android, mungkin masih belum tahu Cara Backup Data  Android, terutama pengguna baru. Back-up Data adalah salah satu hal yang terkadang harus dilakukan oleh pengguna perangkat Android. Terkadang seorang pengguna android ingin melakukan Custom ROM pada perangkat android mereka, melakukan flashing, ataupun hal-hal lain yang bisa menjadikan sistem pada perangkat android jadi berubah. Dengan demikian, pengguna akan mungkin akan kehilangan data. Bila tidak ingin kehilangan data tersebut, maka pengguna Android perlu melakukan back-up data pada ponselnya. Back-up data yaitu melakukan melakukan pemindahan data perangkat Android ke tempat yang lain sebagai antisipasi jika kehilangan data. Dengan mem-back up data Android ke tempat lain, misal ke dalam SD card, PC, laptop, atau secara online, maka resiko kehilangan data bisa dihindari. Lantas, bagaimana Cara Backup Data Pada Android?

Back up data pada Android bisa dilakukan secara online melalui google back up. Untuk mengaktifkannya, langkah pertama ialah dengan memilih menu pengaturan atau setting, kemudian tekan menu personal. Selanjutnya pilih backup dan reset. Yang terakhir, centang pilihan backup dan restore otomatis. Langkah kedua yaitu dengan kembali menekan menu pengaturan (setting), kemudian tekan menu personal, lalu account and sync. Setelah itu pilih akun google yang ada di android. Nantinya akan muncul list data yang akan disinkronisasikan ke google back up. Oleh karena, mungkin diperlukan aplikasi tertentu seperti sms back-up yang dapat diunduh di google play, atau dapat pula memakai aplikasi my phone explorer.

Cara Back-up Data Pada Android

Selain secara online, Cara Back-up Data Pada Android juga dapat dilakukan dengan menyimpan data cadangan pada PC atau laptop. Hal ini untuk menghindari resiko yang tak diinginkan seperti tiba-tiba tidak dapat mengakses data yang telah disimpan secara online. Cara memindahkan data ke PC atau laptop cukup sederhana. Tinggal menghubungkan kabel data menuju PC untuk melakukan pemindahan atau back up data pearngkat android anda. Mungkin akan dibutuhkan aplikasi tambahan untuk membantu pemindahan data. Ada banyak aplikasi yang bia digunakan, seperti aplikasi gratis My Backup atau Titanium Back up. Selain itu, bisa juga App backup and reinstall dan mobile back up II. Bila anda ingin memindah daftar sms, kontak, log panggilan dari ponsel Android ke komputer dapat menggunakan my phone explorer. Cukup mudah bukan, Cara Backup Data  Android?