Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar

Keyboard merupakan komponen yang paling membutuhkan perawatan khusus dari segi kebersihannya. Keyboard memang lebih rentan terhadap segala kotoran yang bisa menyelip di sela-sela tombol. Padahal, keyboard laptop yang kotor akan sangat mengganggu kinerjanya. Sebaliknya, meskipun tidak bagus, namun keyboard yang bersih dan terawat akan membuat kita nyaman dalam memakainya.

Bila debu, cairan, makanan ataupun partikel lainnya terjebak di bawah tombol keyboard, tentu akan sangat mengganggu dan bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada laptop.

Bila Anda ingin membersihkan keyboard laptop, sebaiknya Anda memeriksa petunjuk manual Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang biasanya disertakan dalam dus pembelian laptop atau notebook untuk melihat apakah memang ada instruksi yang spesifik untuk membersihkan keyboard laptop dari produsen laptop yang Anda miliki.

Bila memang ada, maka Anda sebaiknya mengikuti instruksi tersebut. Namun bila tidak ada , maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membersihkan keyboard laptop berikut ini, yang merupakan tips dasar dalam membersihkan keyboard.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

  1. Langkah yang pertama, Matikanlah Laptop serta cabut juga koneksi listriknya. Lepaskan pula seluruh perangkat USB eksternal yang masih terpasang. Dan bila memungkinkan, sebaiknya buka dahulu memorinya.
  2. Langkah berikutnya, supaya lebih memudahkan proses pembersihan, miringkanlah layar laptop ke arah belakang.
  3. Selanutnya, gunakanlah ujung sendok teh yang lebih dulu dibungkus dengan lap basah. Gunakanlah alat tersebut untuk membersihkan seluruh tepian tombol pada keyboard. Cara ini akan membantu membersihkan debu serta kotoran yang ada sekitar tombol.
  4. Jika ada, gunakanlah kompressor udara untuk membersihkan kotoran yang menyelinap diantara tombol-tombol keyboard laptop. Semprotkanlah udara di sudut terbaik untuk dapat mencapai tiap partikel debu yang ada di bawah tombol
  5. Anda bisa memakai alkohol kadar rendah, kemudain usaplah tombol serta keyboard menggunakan handuk halus dengan berulang-ulang hingga bersih. Anda juga bisa memakai cairan pembersih elektronik, namun alkohol harganya biasanya lebih murah.
  6. Proses membersihkan keyboard laptop selesai.
Baca Juga:  Berikut Cara Flash Andromax G2 AD681H Dengan Mudah

Cara membersihkan keyboard laptop di atas merupakan tips untuk membersihkan laptop meskipun tidak ada kotoran yang benar-benar mengganggu. Namun jika Anda ingin membersihkan keyboard laptop Anda karena memang terkena kotoran, misalkan menumpahkan cairan pada keyboard, maka cepat-cepatlah matikan laptop Anda kemudian lepaskanlah koneksi kabel keyboard serta posisikan keyboard terbalik, agar cairan yang masuk bisa mengalir keluar.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar | Maressa Bernadetta | 4.5