Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Rusak

Flashdisk merupakan suatu perangkat yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai macam dokumen. Kepraktisan flashdisk menjadi salah satu alternative penyimpanan dokumen yang cukup efektif, selain bentuknya minimalis juga mampu menampung data dalam kapasitas besar. Maka dari itu, kahadiran flashdisk ini sangat membantu mereka yang memiliki pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan komputer.

Meskipun flashdisk sangat efektif sebagai penyimpanan data sementara, tapi terkadang pasti ada saja masalah yang cukup bisa memusingkan, seperti flashdisk terkena virus atau bahkan tidak terbaca pada perangkat komputer. Dugaan flashdisk mengalami kerusakan pun pasti akan terlintas dibenak, sehingga mulai timbul kekhawatiran bahwa flashdisk tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali.

Untuk sementara, Anda hilangkan terlebih dahulu presepsi negatif itu, karena pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan panduan cara memperbaiki USB Flashdisk yang rusak yang bisa Anda terapkan. Berikut caranya.

USB Flashdisk Rusak

  1. Pastikan Flashdisk sudah terhubung pada komputer.
  2. Pada menu Start, pilih dan tekan Run lalu ketikan perintah cmd.
  3. Maka akan muncul jendela command prompt, lalu ketikan chkdsk Letter Drive:/f, dimana :
    1. chkdsk, adalah perintah DOS untuk memeriksa error pada harddisk.
    2. Letter Drive:, adalah lokasi Drive Flashdisk (perintah ini wajib di isi dengan nama drive flashdisk).
    3. /f, adalah Fixes errors on the disk, yaitu berupa perintah menghapus error pada disk.
  4. Sehingga tulisan lengkap yang harus ada pada jendela command prompt tersebut seperti ini C:\Users\NamaPC>chkdsk G:/f
  5. Tekan Enter, tunggu hingga proses berjalan hingga 100 persen. Jika muncul perintah commad Convert folder to file?, Ketik Y. Lalu kemudian hapus file atau folder yang corrupt tadi dengan perintah DEL V:*.*.
  6. Selesai.

Demikian cara memperbaiki USB Flashdisk yang rusak dengan menangani error yang terjadi pada flashdisk, sehingga Anda sudah bisa kembali menggunakan flashdisk tersebut untuk menyimpan data atau untuk mentransfer data. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Cara memasukkan Video dan Lagu ke iPad iPhone dan iPod
Cara Memperbaiki USB Flashdisk Rusak | Maressa Bernadetta | 4.5