Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mempercepat Kinerja Android

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android – Kinerja yang lambat atau lemot adalah masalah yang sering terjadi pada sebuah smartphone, tak terkecuali untuk smartphone Android. Meskipun saat ini ponsel Android sudah banyak yang dibekali hardware yang tinggi, penggunaan yang salah bisa membuat kinerja ponsel Android jadi lemot. Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba 8 cara mempercepat kinerja ponsel Android seperti di bawah ini.

Matikanlah Live Wallpaper

Live Wallpaper dapat memperlambat kinerja ponsel Android Anda sebab untuk membuat animasi terus berjalan tentu akan memaksa ponsel terus bekerja.

  • Kurangilah jumlah widget Anda

Bila widget yang Anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus update tiap saat, maka akan membuat tambahan proses yang akan menyedot memori sehingga dapat berimbas terhadap  melambatnya kinerja ponsel Android. Untuk itu, oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus widget yang tida terlalu penting.

  • Tutup aplikasi yang berjalan di background

Tahukah Anda kalau menekan tombol home pada ponsel Android, maka aplikasi yang berjalan akan tetap berjalan di background. Sedangkan jika Anda menekan tombol back ketika aplikasi sedang berjalan, maka  otomatis akan menutup serta mematikan aplikasi itu. Untuk itu, jangan lupa untuk mematikan aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

  • Matikan auto update apps

Salah satu cara mempercepat kinerja posel Android adalah dengan mematikan auto update apps. Mengaktifkan fitur otomatis update aplikasi yang ada di menu setting Play Store akan membuat ponsel Android terbebani kinerjanya, terlebih bila tiba-tiba ponsel Anda mendownload atau menginstal aplikasi ketika Anda sedang menjalankan aplikasi lainnya yang memakan cukup banyak memori.

  • Pindahkanlah aplikasi ke MicroSD

Dengan memindahkan instalasi aplikasi ke memori eksternal, maka akan membuat ruang penyimpanan di memori internal semakin lega. Dengan memori internal yang semakin lega, maka kinerja ponsel juga jadi semakin ringan dan lancar.

Baca Juga:  [Ampuh] Tutorial Cara Unlock 4G SmartFren Andromax A Terbaru

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android

  • Autorotate

Fitur autorotate akan membuat orientasi layar Anda berubah otomatis mengikuti posisi ponsel saat dalam genggaman.namuni dalam sejumlah kasus, rotasi otomatis ini bisa membuat ponsel Anda lag atau jeda yang mengganggu.

  • Autobrightness

Ponsel Android kebanyakan sudah dilengkapi dengan ambient light sensor yang dapat memeriksa keadaan cahaya disekitar ponsel lalu menyesuaikan kecerahan layarnya. namuni selain boros daya, aktifnya autobrightness pun akan membebani kinerja ponsel.

  • Factory Reset

Factory reset adalah alternatif cara mempercepat kinerja ponsel Android. Bila Anda sudah melakukan langkah di atas tapi hasilnya masih kurang memuaskan, reset perangkat Android dapat jadi jalan terakhir. Hal ini karena pada Android ada sejumlah aplikasi yang otomatis berjalan di background saat pertama kali Anda menghidupkan ponsel. Belum lagi aplikasi yang menampilkan pop-up iklan yang tidak hanya menyedot pemakaian memori namun juga pemakaian data internet Anda.

Demikian postingan kami kali ini yang membahas tentang Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Mempercepat Kinerja Android | Maressa Bernadetta | 4.5