Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas –┬áLaptop panas adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna laptop. Laptop yang panas dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya seperti sirkulasi udara dalam laptop yang tak baik sehingga panas atau kipas yang ada pada laptop mati. Laptop cepat panas sebenarnya adalah hal yang wajar mengingat desain laptop yang lebih ramping dibanding PC, sehingga komponen di dalamnya lebih rapat dibandingkan dengan CPU, sehingga suhu laptop cepat panas.

Pada CPU-nya, untuk mengatasi suhu panas, biasanya diberi banyak kipas untuk mendinginkan prosessor. Sebab suhu panas akan memberikan dampak pada kinerja serta kondisi hardware. Laptop yang panas berlebihan biasanya akan mengakibatkan prosessor mati dengan tiba-tiba. Bila dibiarkan saja serta terjadi secara berulang-ulang maka aka bisa menyebabkan kerusakan komponen di dalam laptop. terlebih prosessornya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencobat tips cara mengatasi laptop cepat panas berikut ini. Carilah penyebab mengapa laptop menjadi cepat panas. Hal ini biasanya terjadi lantaran fan atau kipas yang tak bekerja dengan baik. Mungkin saja kipas yang ada di dalam laptop sudah rusak. Maka dari itu, Anda perlu untuk memeriksa kipas laptop Anda secara rutin. Bila Anda menemukan kipas tak berjalan, maka Anda pun harus dengan segera memperbaikinya.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara mengatasi laptop cepat panas berikutnya adalah dengan memeriksa apakah Anda sering menempatkan laptop di tempat yang tak semestinya, seperti di atas kasur ataupun bantal. Hal ini sangat bahaya bagi hardware laptop sebab akan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga hardware cepat rusak. Oleh karena itu, baiknya taruh laptop Anda di tempat yang datar serta memungkinkan untuk sirkulasi udara di dalam laptop berjalan lancar.

Kemungkinan lain yang menyebabkan laptop panas adalah, BIOS, atau driver yang belum terinstall dengan baik. Selain itu, pengaruh dari service yang masih berjalan pun bisa membuat laptop cepat panas. Oleh karena itu, cara mengatasi laptop cepat panas karena masalah ini adalah dengan memberi pendingin yang baik dalam bentuk AC ataupun cooling fan.