Mengetahui Versi Firmware Pada Perangkat Android

Cara Mengetahui Versi Firmware Android

Posted on

Mengetahui Versi Firmware Android  – Bagi sebagian pengguna Android, mungkin masih belum tahu Cara Mengetahui Versi Firmware Pada Perangkat Android atau bahkan mungkin masih belum tahu apa itu Firmware. Firmware adalah operating system  yang ada perangkat ponsel atau smartphone, termasuk juga pada perangkat android. Versinya pun berbeda-beda, tergantung dari pabrik mana yang membuatnya. Versi firmware mungkin saja beda dengan versi sistem operasi dari Android yang Anda dimiliki. Secara sederhananya, sistem operasi Android adalah jembatan diantara software dan firmware. Firmware mempunyai sejumlah elemen, yang kesemuanya penting bagi perangkat android, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. PDA, yaitu sistem operasi android serta kustomisasi yang sudah dilakukan.
  2. Phone, yaitu pengidentifikasi aktual dalam perangkat android.
  3. CSC, yaitu parameter yang menspesifikasi bahasa serta lokasi.
  4. Boot loader, yaitu program yang berjalan ketika start up.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui versi firmware pada perangkat Android? Untuk mengetahui versi firmwarenya, Anda hanya tinggal membuka menu pengaturan. Untuk perangkat Sony dan Samsung, silahkan buka menu pengaturan, kemudian pilih opsi about device. Di sana Anda akan bisa melihat sejumlah informasi tentang perangkat Android Anda sepertii versi android, Kernel version, BaseBand version, dan Build Number. Nah, Build Number ini yang merupakan versi Firmware. Sedangkan untuk perangkat untuk HTC, buka menu pengaturan, kemudian pilih opsi about device. Selanjutnya pilih opsi software information. Di sini Anda akan menemukan sejumlah informasi tentang perangkat Adroid Anda seperti versi android, Software number, dan HTC Sense Version. Nah, yang Software number adalah yang merupakan versi firmwarenya. Sementara itu, sejumlah perangkat Android lain mungkin tak sama mirip, misalkan dengan cara membuka menu setting atau pengaturan, kemudian memilih opsi “about phone”.

Mengetahui Versi Firmware Pada Perangkat Android

Selain cara-cara seperti di atas, di bawah ini juga ada sejumlah cara mudah untuk melihat info firmware pada perangkat android Anda:

  • *#*#1234#*#* = untuk mengetahui Handset dan PDA
  • *#*#1111#*#* = untuk mengetahui versi FTA SW
  • *#*#44336#*#* = untuk mengetahui Phone, CSC, pda, Build Time, dan Changelist number
  • *#*#4986*2650468#*#* = untuk mengetahui Phone, H/W, PDA, dan RFCallDate
  • *#*#2222#*#* = mengetahui versi FTA HW

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Mengetahui Versi Firmware Android yang semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda sebagai pengguna Android.