Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop Anda

Mungkin bagi yang pernah kuliah atau kursus komputer untuk mengetahui spesifikasi Laptop sangat mudah. Akan tetapi, bagi pemula atau orang awam yang tidak mengerti tentang komputer akan sedikit kebingungan, apalagi saat mereka akan membeli atau memilih Laptop.

Pada dasarnya, pengetahuan terhadap spesifikasi Laptop ini merupakan hal yang penting, mengingat Laptop yang mereka pilih atau akan dibeli harus sesuai dengan kebutuhan dan keperluan mereka. Jangan sampai timbul kekecewaan karena spesifikasi Laptop tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya untuk mengetahui spesifikasi Laptop itu cukup mudah, yakni dapat dilihat dari casing Laptop di area sekitar keyboard dan disana tercantum spesifikasi dari Laptop, hanya saja cantumannya kurang spesifik atau kurang lengkap. Lalu bagaimana cara mengetahui spesifikasi Laptop secara lengkap. Berikut ulasannya.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

  1. Menyalakan Laptop dan masuk halaman utama, pada bagian lambang Start Windows, pilih menu “Run” lalu ketikan “DxDiag”, tekan OK atau Enter.
  2. Setelah itu akan tampil halaman DirectX Diagnostic Tool, disana terdapat Tab System, Display, Sound, dan Input.
  3. Pada Tab System berisikan informasi terkait spesifikasi Sistem Operasi yang digunakan, prosesor, kapasitas RAM, BIOS, dan lain sebagainya.
  4. Pada Tab Display berisikan informasi terkait spesifikasi, seperti chip prosesor, chip grafis, ukuran layar dan jenis monitor serta masih banyak lagi.
  5. Pada Tab Sound dan Tab Input, masing-masing berisikan informasi spesifikasi jenis Audio yang digunakan dan fitur inputan seperti Mouse, keyboard serta USB Device.

Cara diatas merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui spesifikasi Laptop secara lengkap, karena semua informasi baik berupa software dan hardware sudah tertera di halaman DirectX Diagnostic Tool tersebut. Biasanya para penjual Laptop pun menawarkan Laptop dalam keadaan menyala, dan cara ini bisa digunakan pembeli untuk mengetahui spesifikasi Laptop tersebut.

Baca Juga:  Lenovo A369i, HP Android Dual SIM Harga 1 Jutaan
Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop Anda | Maressa Bernadetta | 4.5