Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Optimalkan Kinerja Laptop

Cara Optimalkan Kinerja Laptop – Laptop adalah perangkat mobile yang mampu menggantikan kinerja PC yang bisa dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil, ketersediaan listrik yang terbatas, kebutuhan baterai yang tahan lama serta sistem spesifikasi yang dikurangi dari spesifikasi PC yang disatukan menciptakan suatu mesin yang beroperasi dengan kecepatan yang lebih rendah serta suhu yang lebih tinggi ketimbang PC.

Kondisi ini terkadang menjadikan kinerja laptop lambat serta terkesan lemot dalam merespon permintaan pengguna. Namun kinerja tersebut bisa Anda kembalikan kepada kinerja yang semula.

Namun begitu, ada Cara optimalkan kinerja laptop yang bisa coba Anda terapkan  untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti berikut ini.

  1. Laptop rentan akan penumpukan panas yang berlebih. Suhu tinggi akan menyebabkan kinerja sistem jadi menurun. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk membeli cooling pad yang bisa mengurangi suhu panas, sehingga laptop Anda akan berjalan di suhu yang rendah. Hindari juga menggunakan laptop di atas tempat tidur ataupun tempat lain yang bisa menghantarkan panas.
  2. Hapuslah semua **Start-up task. Caranya ke menu Start, lalu pilih Run kemudian masukkanlah perintah msconfig. Selanjutnya ke tab Startup lalu uncheck aplikasi yang tak terlalu penting.
  3. Nonaktifkanlah layanan yang tak perlu. Caranya ke menu Start dan pilih Run lalu ketikkan services.msc. selanjutnya pada Startup Type untuk mengurutkan menu dengan kriteria ini, lalu nonaktifkan layanan otomatis yang tak perlu. Klik 2 kali nama layanan lalu pilih Manual dari menu drop down dan pilih menu Startup type. Selanjutnya klik Apply.
  4. Cara Optimalkan Kinerja LaptopCara optimalkan kinerja laptop berikutnya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Alt kemudian Delete untuk membuka Task Manager atau tekan Ctrl + Shift dan Esc. Kemudian klik tab Processes lalu klik pada CPU untuk mengurutkan berdasar prosesor yang dipakai. System Idle Process tak merugikan, namun aplikasi lainnya yang menjadikan pemakaian CPU terlalu berat serta harus dihentikan saat tak diperlukan. Anda bisa menghentikannya dengan mengklik End process lalu tekan tombol OK untuk mengekseskusi program.
  5. Gunakan CCleaner. Unduh dan jalankan programnya, selanjutnya tinjau terlebih dulu file yang ingin dibersihkan, seperti program sementara, cache dan sampah yang ada di memori. Sebab file-file ini merampas ruang pada hard drive sehingga bisa memperlambat kinerja laptop.
Baca Juga:  [Trik Jitu] Cara Menyembunyikan File & Aplikasi Rahasia di Hp Android

Dengan melakukan beberapa cara optimalkan kinerja laptop di atas, semoga laptop Anda bisa bekerja dengan lebih optimal, sehingga tentu akan meningkatkan kinerja Anda juga.

Cara Optimalkan Kinerja Laptop | Maressa Bernadetta | 4.5