Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Tepat Menyelamatkan Smartphone Yang Terkena Air

Cara Tepat Menyelamatkan Smartphone Yang Terkena Air – Saat smartphone anda terkena air atau jatuh kedalam air merupakan hal yang sangat mengganggu. Smartphone yang terkena air akan menyebabkan perangkat elektronik tersebut rusak. Banyak dari anda yang akan pasrah saat smartphone kesayangan anda terkena cipratan atau genangan air. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah kerusakan dari smartphone saat terkena air. Berikut ini viatekno.com akan memberikan beberapa caranya untuk anda.

Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 44

Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 44

Keluarkan dari air dan matikan smartphone

Hal pertama yang harus anda lakukan saat smartphone anda terkena air adalah segera mengeluarkan dari genangan air tersebut dan langsung matikan smartphone anda. Untuk mematikan smartphone, bisa dilakukan dengan cara normal atau dengan langsung mencopot baterainya.

4 hal yang jangan dilakukan

sebelum berlanjut ke cara yang berikutnya, ketahui terlebih dahulu 6 hal yang tidak boleh anda lakukan saat smartphone anda terkena air karena akan berdampak tidak baik untuk smartphone anda.
Hal pertama adalah jangan menekan tombol apapun pada smartphone anda. Saat anda menekan tombol pada smartphone yang terkena air, maka akan semakin besar kemungkinan air semakin menyebar dalam ponsel anda.
Hal kedua adalah jangan mengguncang atau menggoyangkan smartphone anda. Hal ini tidak boleh dilakukan karena akan berdampak sama seperti saat anda menekan tombol pada smartphone anda.
Hal ketiga yang tidak boleh dilakukan adalah jangan memanaskan ponsel anda. Suhu panas dapat merusak smartphone anda. Karena itulah, jauhkan segala macam benda yang menghasilkan suhu panas dari smartphone anda.
Hal terakhir yang tidak boleh anda lakukan adalah jangan menggerakan ponsel anda terlalu banyak. Hal ini untuk mencegah penyebaran air menjadi semakin luas di dalam smartphone anda.

Baca Juga:  Tips Aman Charge Ponsel Anda
Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 49

Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 49

Lepaskan komponen smartphone

Hal yang harus anda lakukan berikutnya adalah sesegera mungkin melepaskan segala komponen dalam smartphone anda seperti baterai, SIM Card dan kartu microSD. Keluarkan komponen tersebut dan letakkan pada tissue bersih.

Bersihkan sisa air

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah membersihkan sisa – sisa air yang masih menempel pada smartphone anda. Saat membersihkan komponen smartphone anda, gunakan tissue dan lakukan dengan hati – hati agar tidak merusak komponen tersebut.

Menggunakan vacuum cleaner

Untuk membersihkan sisa – sisa air pada smartphone, anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya dengan perlahan dan hati – hati.

Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 47

Menyelamatkan Smartphone Kena Air viatekno 47

Baca Juga: Rahasia Membeli Handphone Online Agar Sesuai Dengan Kriteria

Mengeringkan smartphone

Tahapan terakhir yang harus anda lakukan adalah memastikan ponsel anda benar – benar kering dari air. Anda dapat meletakkan smartphone anda dalam sebuah kantong kedap udara yang diisi dengan beras dan diamkan selama 3 hari. Kegunaan dari beras adalah untuk menyerap kelembapan dari udara sehingga ponsel anda bisa benar – benar terbebas dari air seluruhnya. Selain beras, anda juga dapat menggunakan silica gel yang biasanya digunakan untuk sepatu atau barang elektronik.

Cara Tepat Menyelamatkan Smartphone Yang Terkena Air | Maressa Bernadetta | 4.5