Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Ubah Kamera Android Menjadi Scanner

Sejak kemunculannya hingga saat ini smartphone berbasis Android memang sangat membantu para penggunanya, terlebih bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi sehingga dengan perangkat ini bisa mempermudah pekerjaan mereka. Salah satu kelebihan smartphone Android ini yaitu bisa digunakan sebagai Scanner, dengan berbekal kamera canggihnya sehingga memudahkan perangkat ini memindai dokumen berupa kertas menjadi dokumen digital berupa file PDF yang dapat disimpan pada smartphone Android.

Bagaimana cara mengubah kamera Android ini menjadi Scanner? Caranya sangat mudah, pengguna hanya memerlukan sebuah aplikasi kamera yang bernama CamSnanner. Jadi dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu repot-repot lagi mencatat atau mengeluarkan uang untuk fotokopi dokumen kertas tersebut, karena dengan CamScanner pengguna hanya perlu memotret dokumen kertas dan dikonversi menjadi file PDF pada smartphone Android.

android scanner

Pada prinsipnya, aplikasi CamScanner ini hampir setara dengan software bawaan scanner konvensional yang terdapat pada komputer. Karena aplikasi ini bisa dipakai untuk cropping gambar (memotong bagian gambar yang tidak diperlukan). Selain itu pengguna juga dapat mengkonversi file gambar berformat JPG menjadi format PDF. Namun kekurangan aplikasi ini tidak dapat mengubah gambar PDF menjadi plain text yang bisa di copy, di edit, ataupun dihapus kata atau huruf yang ada di PDF tersebut.

Berikut Fitur unggulan dari CamScanner yaitu :

  • Scan dokumen menggunakan ponsel Android dengan cara mudah.
  • Membantu backup data fisik anda.
  • Fitur cropping otomatis dan manual (Membuang bagian gambar yang tidak perlu).
  • Bisa digunakan untuk mengkonvert file ke bentu PDF.
  • Memungkinkan anda untuk upload langsung lewat jaringan internet pada Android dan berbagi file dengan yang lain.
  • File hasil scan bisa di “tag” sehingga mempermudah saat pencarian dokumen.
Baca Juga:  8 Aplikasi Gratis Android Terbaik 2016

Demikian cara ubah kamera Android menjadi scanner yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, dengan aplikasi ini bisa memungkinkan penggunanya melakukan scanner dokumen penting melalui perangkat smartphone Android dengan lebih praktis dan efisien.

Cara Ubah Kamera Android Menjadi Scanner | Maressa Bernadetta | 4.5