Tunggu, sedang memuat. . .

Kenapa Kita Harus Waspada Dengan Aplikasi Gratis Android?

Kenapa Kita Harus Waspada Dengan Aplikasi Gratis Android – Android adalah salah satu platfrom paling digemari saat ini. Salah satu yang menjadi daya tarik utamanya adalah Anda bisa menginstal beragam aplikasi dan game gratis yang memang banyak tersedia untuk perangkat Android. Namun begitu, Anda harus waspada terhadap aplikasi-aplikasi gratis tersebut. Kenapa harus waspada dengan aplikasi gratis android?. Purdue University yang bekerja sama dengan Microsoft sudah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari aplikasi gratis bagi perangkat android. Adapun yang mereka uji adalah HTC Passion (Nexus One – Android 2.3) dengan sejumlah aplikasi gratis seperti Free Chess, Android Browser,Andry Birds, MapQuest serta New York Times app. Dan hasilnya, baterai perangkat android berkurang hingga 70 persen lebih cepat ketika memainkan Angry Birds. Hal itu karenakan adanya proses upload user data dengan background, seperti infor lokasi pengguna, dll. Selain itu, baterai yang boros juga diperparah dengan proses download serta penampilan iklan pada aplikasi gratis tersebut. Hasil serupa juga ditunjukkan oleh sejumlah aplikasi gratis lain seperti Free Chess. Itulah kenapa kita harus waspada dengan aplikasi gratis Android.

Kenapa Kita Harus Waspada Dengan Aplikasi Gratis Android

Tidak hanya itu, sejumlah aplikasi gratis lainnya juga mempunyai bug. Diantaranya seperti bug pada aplikasi Facebook yang menjadikan CPU android tak dapat memasuki sleep mode, meski saat aplikasi facebook tersebut sudah  di terminate. Hal ini selain memboroskan baterai, pun akan menjadikan CPU device android jadi bekerja keras. Aplikasi gratis Android yang tidak clean coded atau well coded juga dapat membuat perangkat android jadi lemot serta boros baterai. Nah, setelah megetahui kenapa harus waspada dengan aplikasi gratis Android, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah antisipasi seperti di bawah ini.

  1. Pastikanlah anda menginstall aplikasi android sesuai kebutuhan. Memang tersedia banyak sekali aplikasi android yang menarik dan juga gratis, namun ada baiknya anda tidak menginstal bila memang tak terlalu memerlukannya.
  2. Pastikanlah anda sudah membaca review yang tertera saat akan mendownload di Google Play sebelum Anda memutuskan untuk menginstall aplikasi atau game. Bila banyak pengguna yang komplain terhadap aplikasi tersebut, maka sebaiknya anda cari saja aplikasi alternatif lainnya bila ada.
  3. Usahakan untuk selalu menginstall aplikasi dari pengembang atau vendor yang terpercaya.
  4. Hindarilah memakai aplikasi gratis yang menampilkan iklan terlalu banyak.
Baca Juga:  8 Aplikasi Gratis Android Terbaik 2016

Demikianlah sedikit artikel yang menjelaskan kenapa harus waspada dengan aplikasi gratis android, yang semoga bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna Android.

Kenapa Kita Harus Waspada Dengan Aplikasi Gratis Android? | Maressa Bernadetta | 4.5