Tunggu, sedang memuat. . .

[ LENGKAP ] 19 Cara Jitu Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

  1. Perbaharui Aplikasi Anda.

Tujuan dari pembaruan aplikasi adalah menutup kekurangan sebelumnya dan menambah fitur, jadi anda perlu untuk memperbaharui semua aplikasi terinstall anda. Anda bisa langsung menuju Google Play Store untuk update semua aplikasi anda.

  1. Saat Gunakan WiFi Maka Matikan Jaringan kartu SIM

Diera saat ini yang serba internet hamper jarang dari kita yang masih menggunakan sms bahkan sampai bertelepon menggunakan jaringan GSM. Untuk bertukar pesan kita menggunakan jaringan internet melalui BBM, WA, Messengger dan lain lain. Maka dari itu anda bisa mematikan layanan GSM anda untuk menghemat Baterai.

  1. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Matikan aplikasi yang tidak digunakan oleh anda agar baterai yang terserap oleh aplikasi tersebut bisa dihentikan. Masuk ke menu setting lalu Apps, dan lihat Running service.

  1. Kecerahan Layar dan Display Timeout

Kurangi waktu kunci layar ponsel anda setidaknya 15 detik jika tidak digunakan maka akan otomatis mengunci layar dan mematikan cahayanya. Dengan itu maka baterai tidak akan terbuang sia sia.

Atur kecerahan  layar anda menjadi otomatis agar menyesuaikan kebutuhan, kecerahan layar alan naik turun dan tidak selalu tinggi agar menghemat baterai.

  1. Buang Widget di Homescreen

Kurangi widget yang jarang anda pakai. Hal ini sering dilewatkan oleh pengguna dalam menghemat baterai.

  1. Atur Waktu Kunci Pattern Otomatis

Saat menggunakan smartphone hanya sebentar saja maka atur kunci otomatis dengan waktu singkat. Sebaliknya, Saat menggunakan smartphone dalam waktu lama maka atur kunci otomatis untuk waktu lama.

  1. Aktifkan Mode Penerbangan atau Airplane Mode

Jika sinyal menunjukan kondisi naik turun atau tidak stabil, aktifkan mode penerbangan atau flight mode untuk menghemat baterai, Anda bisa mengaktifkan kembali ketika sudah berada pada lokasi sinyal yang baik.

  1. Pengaturan Sync

Sinkron otomatis akan bekerja  dibalik layar tanpa perizinan dari anda, maka sebaiknya matikan saja pengaturan sync di ponsel anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Baterai

Saat ini aplikasi penghemat baterai sudah banyak beredar diapasaran. Namun perlu anda ingat tidak benar benar ada aplikasi yang menghemat baterai, justru sebaliknya akan menjadikan baterai anda lebih boros. Cukup terapkan tips trik disini saja.

  1. Matikan GPS

Setelah selesai menggunakan GPS anda perlu selalu control apakah GPS anda benar benar sudah mati, karena GPS tidak otomati mati ketika selesai anda gunakan.

  1. Matikan Ponsel

Matikan ponsel anda ketika benar benar tidak digunakan. Misalnya, ketika anda tidur, melakukan aktivitas yang tidak melibatkan ponsel dalam waktu yang lama, melakukan aktivitas luar rumah, dan sebagainya. Dengan mematikan ponsel saat tidak digunakan ini, maka anda sudah melakukan penghematan daya baterai di ponsel android mu.

Baca Juga:  Tips Melindungi Laptop Dari Virus
  1. Non-aktifkan Nada Tombol dan Getar

Jika sekiranya ponsel selalu anda genggam, ada baiknya matikan nada dan getar. Karena energy yang digunakan untuk satu getaran cukup mengura baterai anda.

  1. Berhenti Mencari Jaringan

Melakukan pencarian jaringan atau sinyal yang hilang-timbul/tidak ada sama sekali, bisa membuat smartphone android anda bekerja keras, hal ini dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat boros. Sebaiknya carilah tempat yang memiliki sinyal yang lebih bagus.

  1. Jangan Letakkan Ponsel Di Tempat Panas

Suhu lingkungan dari ponsel anda juga berpengaruh kepada daya tahan baterai, sebaiknya jauhkan dari hawa panas demi menjaga daya tahan baterai anda.

  1. Non-aktifkan Layanan Data, Pemberitahuan, dan Sinkronisasi

Matikan pemberitahuan yang terus menerus muncul pada bar ponsel anda, misalnya obrolan grup atau dari pemberitahuan Obrolan Facebook.

Jika pemberitahuan nya tidak terlalu penting, sebaiknya matikan fitur notifikasi dan anda bisa mengecek pemberitahuan nya secara manual. Cara ini bisa menghemat baterai anda. Selain itu, layanan data juga membuat baterai anda boros.

Matikan layanan internet anda ketika tidak digunakan misalnya ketika akan bertelpon dalam waktu lama.

16. Gunakan Wallpaper Hitam

Jika android anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakanlah wallpaper berwarna gelap.

Cara menghemat baterai android dengan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik jika di gunakan oleh android yang memiliki tehnologi layar AMOLED.
Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja.

17. Gunakan Jaringan EDGE

Tahukah anda bahwa jaringan HSDPA hamper 60% lebih boros ketika anda menjalankan ponsel dengan jaringan EDGE. Sebaiknya switch ke EDGE saja ketika anda sedang hanya berkirim pesan dan aktifkan kembali ketika anda butuh untuk streaming atau download.

18. Siapkan Power Bank

Cara ini memang buka kategori penghematan baterai tapi ini bisa mengatasi ketika baterai anda benar benar butuh daya sedangkan anda sedang mobile atau berada diluar ruangan.

19. Siapkan Baterai Cadangan

Cara ini sedikit mirip dengan diatas tapi dengan membawa baterai cadangan anda tidak perlu menunggu baterai penuh untuk segera menggunakan ponsel anda. Cukup replace baterai anda maka ponsel siap digunakan dengan daya penuh.

Silahkan praktekkan menghemat baterai ala ala saya, semoga membantu dan bermanfat

Baca Juga:

Apa itu arti Handphone Resfurbished? Amankah?

[LENGKAP ] Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Z30

Aman MUDAH Cara Flash Lenovo A328 Dengan Flashtool

100% AMPUH Cara Flash Lenovo A516 Dengan Firmware Ori

[ LENGKAP ] 19 Cara Jitu Menghemat Baterai Android | admin cinta | 4.5