Tunggu, sedang memuat. . .

Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia

Jumpa lagi pada website kesayangan kita yaitu pada website viatekno.com, yang dimana pada pertemuan kali ini akan menyampaikan tentang Sejarah Peradaban Handphone di Indonesia.

 

Sejarah Handphone Genggam

Penemu handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper yang dimana ia salah karyawan Motorolla di tahun 1973.

Walaupun ia sering disebut dengan penemu handphone pertama kali didunia adalah satu buah team yang berasal dari Perusahaan Motorolla yang dimana tempat Martin Cooper bekerja, dan mengeluarkan model yang pertama kali yaitu DynaTAC.

Ide yang dikeluarkan oleh Martin Cooper yaitu menjadi 1 alat komunikasi dengan orang lain, dan mudah dibawa kemana saja.

Handphone yang diciptakan pertama kali ini memiliki berat yang mencapai 2KG. Agar dapat memproduksinya, perusahaan Motorolla membtuhkan dana yang mencapai US$ 10.000.

Pada tahun 1983, handphone genggam portable ini memiliki harga yang sangat fantastis yaitu sekitar Rp.36.000.000 setara dengan Rp.90.000.000.

Sesudah ia selesai melakukan pembuatan handphone genggam tersebut, langkah selanjutnya yang harus ditempuhnya adalah mengadaptasi infrastruktur dan menggunakan sistem komunikasi handphone genggam tersebut dengan cara menciptakan satu jaringan yang hanya membutuhkan 3MMHz Spektrum, setara dengan 5 Channel Televisi yang terdapat di dunia.

Tokoh lain yang ikut serta didalam dunia komunikasi Selular adalah Amos Joel Jr yang sudah mendapat Ijazah Master (tahun 1942) dan Bachelor (tahun 1940) didalam tehnik elektronik dari MIT.

tidak membutuhkan waktu yang lama untuk lulus dari Studi tersebut, ia pun memulai karirnya pada selama kurang lebih 43 tahun mulai dari tahun 1940-1983 di Bell Telephone Laboratories, yang dimana tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di salah satu bidang telekomunikasi, yang khususnya pada bidang Switching.

Amos E Joel Jr, membuat salah satu system penyambungan atau Switching handphone 1 ke handphone yang lainnya.

Switching harus bekerja pada saat pemilik handphone bergerak atau ppindah dari sel ke sel yang lainnya sehingga pembicaraan tidak terputus. Dengan penemuan inilah orang yang menggunakan handphone menjadi lebih nyaman.

Inilah Tentang Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia

Perkembangan Dan Evolusi Handphone Genggam

Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia

Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia

#0. Generasi Ke-0

Sejarah dengan penemuan handphone ini tidak lepas dari perkembangan radio.

Awal penemuan handphone selular dimulai saat tahun 1921 pada saat departemen kepolisian Detroit Michigan mencoba untuk memakai handphone mobile satu arah.

Kemudian pada saat tahun 1928 kepolisian Detroit mulai memakai radio komunikasi satu arah yang dimana akan mengarah ke seluruh mobil patroli dengan frekuensi yang mencapai 2MHz.

Pada perkembangan yang selanjutnya adalah radio yang memiliki 2 gelombang dan dapat menjadi 2 arah dengan frekuensi Modulated (FM).

Pada tahun 1940 Galvin Manufactory corporation mengembangkan 1 portable Handietalkie SCR536, dan saat tahun 1943 Galvin Manufactory Coporation kembali merilis partable FM Radio 2 arah yang pertama dan diberi nama SCR300 dengan bentuk backpack yang berguna untuk tentara U.S.

Benda ini mempunyai berat yang mencapai 35 pon dan bisa bekerja dengan cara yang efektif didalam jarak operasi 10-20 mil.

Baca Juga:  [ Tutorial Mudah ] Cara Setting Manual Mengubah Jaringan Edge Ke 3G Atau 4G

Sistem handphone selular 0-G ini masih memakai 1 sistem radio VHF yang berguna untuk menghubungkan handphone dengan secara langsung pada PSTNlandline.

Kelemahan dari sistem ini yaitu pada bagian jaringannya yang sedikit bermasalah, dan ia mulai berusaha untuk mengganti sistem ini.

Generasi 0 pada akhir ini dengan menemukan konsep modern yang berasal dari insinyur Bels Labs saat tahun 1947.

Mereka sudah menemukan konsep dengan penggunaan handphone hexagonal yang akan menjadi salah satu telephone selular, tetapi konsep ini baru dirilis pada tahun 1960-an.

 

#1. Generasi-1

Handphone generasi yang ke 1 ini disebut dengan 1G. handphone merupakan salah satu handphone yang pertama sesungguhnya.

Pada tahun 1973 Martin Cooper yang berasal dari perusahaan Motorolla Corp sekaligus orang yang menemukan handphone pertama kali, dan Martin Cooper pun memberanikan diri untuk meluncurkan penemuan Handphone yang dibuatnya pada tanggal 3 bulan maret tahun 1973.

Handphone yang ditemukan oleh Martin Cooper ternyata memiliki berat yang mencapai 800 gram atau 30 Ons. Penemuan inilah yang sudah membuat dunia berubah untuk selamanya.

Tehnologi yang dipakainya masih bersifat analog dan disebut dengan AMPS. AMPS memakai frekuensi antara 825Mhz sampai 894 Mhz yang dioperasikan oleh Band800 Mhz.

Karena memiliki sifat yang terkenal, maka system ini yang dipakai dan sifatnya masih regional.

Kekurangan dari handphone ini adalah ukuran yang lebar dan susah untuk memegang handphone tersebut.

 

#2. Generasi Ke-2

Handphone generasi yang kedua ini muncul pada tahun 1990. Handphone generasi ke 2 ini di negara Amerika sudah menggunakan tehnologi CDMA, sedangkan di Eropa masih memakai tehnologi GSM.

GSM memakai Frekuensi yang standart 900 Mhz dan Frekuensinya 1800 Mhz. Dengan memiliki frekuensi tersebut, GSM mempunyai kapasitas pelanggan yang sangat besar.

Pada handphone generasi ke 2 ini tidak lagi memakai sinyal analog, karena sudah digantikan dengan sinyal digital.

Dengan menggunakan sinyal digital handphone ini dapat melengkapi dengan cara sms, panggilan tunggu, dan pesan suara.

Handphone generasi ke 2 ini memiliki ukuran agak kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan handphone yang sebelumnya.

Kelebihan dari handphone generasi ke 2 ini yaitu berat dan ukurannya tidak begitu berat ataupun besar, sekaligus sinyal radionya yang lumayan rendah, sehingga dapat mengurangi efekradiasi yang dapat membahayakan pengguna.

 

#3. Generasi Ke-3

Generasi yang ke 3 ini akan memungkinkan operator jaringan agar memberi pemilik mereka jangkauan yang lebih luas lagi, termasuk juga internet yang sebaik dengan vidio call dan bertehnologi tinggi.

Pada handphone generasi ke 3 ini terdapat tiga standart pada dunia komunikasi yaitu CDMA 2000, Wideband-CDMA, dan Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE).

 

Baca Juga Artikel Lainnya Disini 9 Handphone Tahan Air Dan Tahan Banting Terbaru Tahun 2016

Itulah tadi tentang sejarah peradaban Handphone di Dunia, lebih dan kurang saya mohon maaf, semoga apa yang saya sampaikan tadi dapat menambah pengetahuan anda semua.

(Credit By : Ikbal Fikri)

Sejarah Peradaban Handphone Di Indonesia | Iqbal Fikri | 4.5