Tunggu, sedang memuat. . .

SMS Guard, Aplikasi SMS Anti Sadap Dengan Fitur Antiforensik

SMS Guard, Aplikasi SMS Anti Sadap Dengan Fitur Antiforensik – Dengan semakin populernya smartphone serta banyaknya instan messenger seperti SMS memang tidak sepopuler dulu, tapi pemakaiannya di Indonesia masih cukup banyak. Hal ini dimanfaatkan ICK Company untuk memperkenalkan aplikasi keamanan SMS yang dikatakan sebagai anti sadap, anti audit, dan anti forensik.

Aplikasi bernama SMS Guard ini sempat dipamerkan pada Indocomtech 2013 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center. Dengan aplikasi SMS Guard yang saat ini baru bisa digunakan di perangkat Android dan iPhone ini, tiap pesan sms yang dikirim melalui ponsel akan dialihkan menuju private server yang akan dienkripsi lebih dulu. Hanya dalam waktu yang singkat, SMS selanjutnya akan dikirim kembali dalam bentuk pesan yang acak ke ponsel penerima dengan menggunakan metode number masking. SMStersebuti hanya dapat dienkripsi bila si penerima pun memakai aplikasi SMS Guard. Karena bila tidak, maka SMS yang diterima hanya akan  berupa tulisan yang acak biasa.

ICK Company sendiri telah mengeluarkan 3 paket berlangganan untuk layanan ini, yaitu paket silver seharga Rp 130 ribu tiap bulan untuk 100 SMS dengan tingkat keamanan yang standar, paket Gold seharga Rp 650 ribu tiap bulan untuk 500 SMS dengan tingkat keamanan yang tinggi, serta paket Platinum seharga Rp 1,3 juta tiap bulan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Aplikasi SMS Guard

Aplikasi SMS Guard selain dikatakan memiliki kemampuan anti sadap, aplikasi SMS Guard ini pun memiliki fitur anti audit serta anti forensik. Diperkenalkannya aplikasi ini sebenarnya memang cukup menarik perhatian, terlebih di tengah isu yang berkembang saat ini mengenai penyadapan yang memang sering terjadi, misalnya penyadapan oleh KPK. Dengan berbekal fitur anti forensik, maka jejak digital pengiriman SMS pada ponsel cerdas pelanggan ataupun server tidak akan tampak sehingga analisa serta pengujian eksistensi konten SMS akan jadi sulit dan bahkan mustahil untuk dilakukan.

Baca Juga:  Sony Xperia Z2 HP Android KitKat Quad Core Dengan Kamera 20,7 MP

Sedangkan yang dimaksud dengan fitur anti audit pada aplikasi SMS guard yaitu penyimpanan data di dalam setiap tahapan proses SMS Guard, yakni berbatas waktu serta akan selalu dalam keadaan terenkripsi. Sehingga pembuktian fakta mengenai sebuah transaksi SMS akan jadi sulit untuk dapat dilacak.

SMS Guard, Aplikasi SMS Anti Sadap Dengan Fitur Antiforensik | Maressa Bernadetta | 4.5