Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Aman Charge Ponsel Anda

Tips Aman Charge Ponsel Anda – Men-charge ponsel atau smartphone sepertinya adalah hal yang sepele dan sederhana. Sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan saat men-charge ponsel. Namun dengan banyaknya kejadian smartphone dan ponsel yang terbakar serta meledak pada beberapa bulan terakhir ini, mungin akan membuat Anda was-was dan harus lebih waspada dan berhati-hati saat men-charge ponsel pintar Anda.

Bila Anda berpikir kalau pemicunya semata karena pemakaian perangkat pendukung yang bukan asli atau orisinil, maka Anda salah. Sebab meskipun memakai komponen atau perangkat yang resmi dari perusahaan, bila diikuti dengan pemakian yang tak bijaksana, tentu bukan tak mungkin akan memancing percikan api juga.

Nah, Berikut adalah sejumlah beberapa tips aman cara charge ponsel yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat Anda men-charge ponsel.

Tips Aman Charge Ponsel Anda

  1. Buatlah timer pada steker ataupun colokan listrik (banyak tersedia di toko elektronik). Jadi, Anda dpaat menset berapa lamakah waktu untuk memutuskan aliran listrik dengan otomatis.
  2. Sebelum men-charge, pastikanlah lebih dulu bahwa baterai sudah kuning. Janganlah tunggu hingga benar-benar habis (warna merah).
  3. Cabut atau lepaslah charger dari perangkat Anda saat baterai telah penuh sesegera mungkin. Biasanya pengisian baterai pada smartphone paling lama akan memakan waktu hingga  tiga jam. Namun tentu saja, kembali lagi pada jenis perangkat itu sendiri. Di mana, makin besar kapasitas baterainya, maka makin lama pula waktu pengisian dayanya.
  4. Bila Anda ingin beli charger tambahan, pastikanlah lebih dulu kalau charget tersebut sesuai dengan kebutuhan daya perangkat. Misalkan, kapasitas baterai perangkat adalah 2 Amp maka janganlah sampai mengisi baterainya dengan charger atau perangkat pendukung dengan kapasitas di atas atau di bawahnya. Hal tersebut dapat merusak perangkat.
  5. Janganlah malas untuk membaca panduan pengguna atau user guide di kotak ataupun boks ponsel. Karena, beragam informasi mengenai smartphone Anda dijelaskan disana supaya pengguna bisa lebih memahami spesifikasi dari perangkat yang dimilikinya.
Baca Juga:  [ 100% Sukses ] Tutorial Cara Flashing Advan S5E

Bijaklah dalam menggunakan perangkat smartphone maupun tablet Anda. Umumnya, baterai perangkat elektronik mempunyai batas umur masing-masing. Jadi, bila kondisi ketahanan baterai sudah mulai berkurang maka dapat saja itu merupakan pertanda ‘bocor’ serta waktunya untuk diganti.

Demikianlah, semoga tips aman cara charge ponsel nya bisa bermanfaat bagi kita dalam menggunakan ponsel dengan aman dan nyaman.

Tips Aman Charge Ponsel Anda | Maressa Bernadetta | 4.5