Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android

Tips Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android – Saat ini Smartphone berbasis Sistem Operasi Android menjadi salah satu barang berharga bagi pengguna, banyak pengguna memakai Smartphone Android dengan penggunaan yang berbeda-beda, ada yang dipakai untuk sekedar ingin bermain game, berselancar di dunia maya, bahkan hingga dipakai untuk keperluan pekerjaan kantor.

Maka dari itu, performa Smartphone android sangat diperhatikan oleh mereka. Agar pengguna bisa merasakan performa yang maksimal berikut ada beberapa tips cara meningkatkan performa Smartphone android.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Berbagai macam aplikasi menarik disediakan di Google Play Store untuk dipasang pada Smartphone Android, namun semakin banyak memasang aplikasi akan menyebabkan kinerja Smartphone akan menurun, jadi jika pada Smartphone sudah terlanjur terpasang aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, segera hapus atau unsinstal aplikasi tersebut.

  • Bersihkan Cache dan History

Pembersihan Cache dan History juga akan berpengaruh terhadap kinerja Android, untuk melakukan pembersihan tersebut pengguna bisa menggunakan aplikasi Cache Cleaner, pada aplikasi ini terdapat fitur Auto Clear yang dapat membersihkan Cache secara otomatis, untuk mengaktifkannya masuk ke menu pengaturan Cache Cleaner lalu tekan Auto Cache Interval dan pilih durasi. Jadi pengguna tidak perlu lagi susah payah membersihkan Cache secara manual.

Maksimalkan-Kinerja-Android

  • Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Hal ini mungkin akan menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan performa Android, karena aplikasi yang pengguna install jika disimpan pada kartu memori eksternal atau SD Card, secara otomatis kinerja sebuah RAM atau memori internal akan maksimal, sehingga pada RAM akan terdapat ruang lebih dan akan bekerja dengan ringan.

  • Mengatur Penggunaan Data Latar Belakang
Baca Juga:  [Tutorial] Cara Flash Samsung Galaxy Core Duos Gt-i8262

Biasanya pada Smartphone akan terpasang data latar belakang seperti Email, Gmail, Facebook, Twitter atau BBM dan aplikasi lainnya itu akan membutuhkan penggunaan data setiap waktu dan teratur. Tidak hanya akan memakan daya baterai namun juga memakan sumber daya sistem yang dapat memperlambat kinerja Smartphone

  • Melakukan Factory Reset

Jika keempat cara diatas belum maksimal untuk meningkatkan kinerja Smartphone Android, maka tips terakhir adalah lakukan factory reset. Hal ini dilakukan karena seluruh aplikasi maupun data dalam ponsel yang telah di sinkron akan dibersihkan, sehingga Smartphone Android akan kembali seperti pertama baru membelinya, dan cara ini bisa meningkatkan performa Smartphone Android tersebut.

Demikianlah beberapa Tips Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android semoga bermanfaat bagi anda pencinta gadget android.

Tips Cara Meningkatkan Performa Smartphone Android | Maressa Bernadetta | 4.5