Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Membeli Handphone Second

Tips Membeli Handphone Second – Ingin memiliki handphone dengan kualitas bagus, namun dengan harga yang murah, maka membeli handphone second adalah salah satu alternatifnya.  Bagi sebagian orang, membeli handphone second memang jadi pilihan dalam membeli ponsel. Namun begitu, untuk Anda yang ingin membeli handphone second, Anda tentu harus lebih teliti dengan barang yang akan Anda beli. Karena namanya second, tentu saja kemungkinan barang cacat lebih banyak. Nah, berikut adalah tips membeli handphone second.

1. Telitilah kondisi fisik ponsel

Telitilah bagian-bagian handphone second yang akan Anda beli. Diantaranya yang perlu diteliti adalah casing, keyboard, layar serta lensa pada kamera ponsel. Amati jika terdapat goresan ataupun kerusakan lainnya. Hal ini mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hal ini sangat diperlukan agar Anda tidak menyesal belakangan.

2. Cek fungsi keyboard atau layar sentuh

Tips membeli handphone second berikutnya sesudah meneliti kondisi fisik yakni  Anda perlu mengecek fungsi tombol pada ponsel atau layar sentuh jika handphone itu mengusung teknologi layar sentuh. Yang patut Anda cek yaitu tombol kunci pengamanan, tombol kamera, tombol navigasi, dan tombol on/off. Sebab bagian itu yang paling rentan mengalami kerusakan.

3. Cek fitur kamera

Setelah semua aman, maka saatnya Anda mencoba mengambil gambar dengan kamera yang dimiliki handphone tersebut,karena  fitur kamera pun rentan mengalami kerusakan, sehingga ponsel itu cenderung di jual pemilik sebelumnya.

4. Apakah handphone pernah terkena air?

Cek handphone second yang ingin Anda beli, apakah pernah terkena air atau tidak. Caranya yaitu dengan melihat stiker indikator air yang biasanya berada di sisi dalam tempat baterai. Jika warnamya merah, maka handphone itu pernah terkena air. Tapi jika warnanya putih, maka handphone itu belum pernah terkena air.

Baca Juga:  6 Cara Tips Memilih Power Bank yang Bagus untuk Gadget Anda

5. Cek IMEI / nomor seri ponsel

Tips memebeli handphone second berikutnya adalah pastikanlah IMEI yang terdapat di dus ponsel sama dengan yang tertera di handphone. Karena jika tidak sama, kemungkinan besar handphone tersebut merupakan barang manipulasi penjual bahkan ponsel curian.

6. Periksa kelengkapan perangkat

Periksalah kelengkapan perangkat lainnya seperti charger, memori card, kabel data, manual book, handsfree, CD Driver dan sejumlah aksesoris lainnya.

7. Periksa bila masih ada garansi

Hal ini diperlukan untuk menMembeli Handphone Secondgantisipasi jika terdapat kerusakan yang tidak diduga. Jika Anda membeli hp yang masih terbilang baru, maka Anda mestinya masih mendapat garansi untuk perbaikan hp itu.

8. Ketahui harga handphone

sebelum Anda datang ke toko dan mencari hp bekas, pastikanlah Anda sudah mengetahui harga pasaran hp yang ingin Anda beli. Sebab terkadang ada saja penjual yang memberikan harga terlalu mahal.

Tips Membeli Handphone Second

Demikianlah tips membeli handphone second yang semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli hp secod sehingga mendapatkan handphone seperti yang diinginkan dan tidak menyesal belakangan.

Tips Membeli Handphone Second | Maressa Bernadetta | 4.5