Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Menghemat Baterai Android

Tips Menghemat Baterai Android – Meskpun saat ini kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan baterai berkapasitas daya besar, namun masih banyak saja pengguna smartphone Android yang mengeluhkan borosnya baterai dari perangkat Android yang mereka miliki. Hal itu karena banyaknya fitur dari smartphone Android yang cukup menguras energi baterai, apalagi jika penggunaannya kurang tepat. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan baca tips menghemat baterai Android berikut ini.

1. Cek status baterai

Informasi status baterai dapat jadi referensi, apa saja yang jadi paling banyak memakan daya baterai sehingga nantinya dapat diatur supaya aplikasi bersangkutam dimatikan atau diminimalkan pemakaian baterainya. Untuk melihatnya, Anda dapat masuk ke Settings> Device> Battery ( OS Android 4.0 ICS) atau Settings> About Phone> Battery use (OS Android 2.3 Gingerbread). Lalu tekan di salah satu aplikasi yang berjalan untuk mendapat informasi yang lebih rinci.

2. Atur pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu pemakai daya baterai terbesar. Semakin terang pencahayaannya, maka semakin boros baterai yang dipakai. Anda dapat mengaturnya supaya tak terlalu terang dan disesuaikan dengan kenyamanan mata dengan mengaturnya di pilihan automatic brightness dan mengubahnya di menu Settings>Display>Brightness.

3. Airplane mode

Wifi adalah salah satu yang cukup rasu memakan daya baterai. Oleh karenanya, matikanlah fungsi ini ketika tak dipakai. Untuk mematikannya Anda dapat menonaktifkan ikon Wifi saja, atau supaya lebih hemat lagi dapat merubah Android menjadi posisi Airplane mode.

4. Matikan fungsi Sync dan notifikasi

Tips menghemat baterai Android berikutnya adalah dengan memmatikan funsi sync dan notifikasi. Aplikasi email punya pilihan untuk mensinkronisasi data supaya selalu dalam kondisi update. Aktifnya fitur ini akan menyebabkan daya baterai jadi boros. Oleh karenanya, matikanlah saja fungsi ini. Untuk memeriksa email, Anda dapat melakukannya secara manual. Untuk fungsi iAnda tinggal menuju menu Settings> Account and Sync, lalu hilangkan tanda centang di pilihan Background Data dan Autosync (OS Android 2.3 Gingerbread) atau menu Settings> Personal> Accoun ts & Sync,lalu posisikan ke OFF (OS Android 4.0

Baca Juga:  Tips Menghemat Baterai Nokia Lumia

Tips Menghemat Baterai Android

5. Hapus aplikasi tak dipakai

Sejumlah aplikasi yang terpasang dapat menguras baterai meskipun sedang tak dijalankan. Sebab sejumlah aplikasi akan tetap berjalan dengan tersembunyi pada background. Untuk dapat melihat aplikasi yang berjalan, masuklah ke menu Settings > Device> Apps> Running Services (pada Android 4.0 ICS), atau Settings> Applications > Running Services (pada Android 2.3 Gingerbread).

6. Hanya pakai Widget tertentu saja

Widget pada Home Screen memanglah memudahkan untuk mengakses suatu fungsi. Namun bila Anda tak memakai salah satunya, lebih baik widget tersebut dihapus.

7. Jangan pakai Live Wallpapers

Tips menghemat baterai Android yang terakhir adalah jangan menggunakan Live Wallpaper. Live Wallpaper memang membuat home screen keren, namun disisi lain membuat baterai boros.

Tips Menghemat Baterai Android | Maressa Bernadetta | 4.5