Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air – Apakah pernah dengan tidak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam air? Ataukah mungkin ingin mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan pertama saat ponsel jatuh dalam air? Ketika ponsel jatuh dan terendam air, pengguna biasanya akan merasa panik. Tentunya hal ini bukan bagian dari pertolongan pertama. Adapun beberapa langkah tips pertolongan pertama untuk menyelamatkan ponsel bila terendam air sebagai berikut :

Segera ambil ponsel dari dalam air

Meskipun ponsel terlihat tertutup rapat oleh penggunaan casing, dipastikan air dapat dengan mudah merembes ke dalam ponsel. Jadi, keluarkan ponsel dari air sesegera mungkin dan jangan langsung dinyalakan terlebih dahulu sebelum dikeringkan.

  • Lepaskan semua cover dan baterai

Melepas bagian cover ponsel bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam dan terutama melepaskan baterai yang masih tertanam, meskipun ponsel dalam keadaan mati, namun aliran listrik dari baterai masih mengalir dan menghindari terjadinya konslet.

tips ponsel terendam air

  • Keluarkan kartu SIM dan memori card

Data dan informasi yang tersimpan pada kartu SIM ataupun memori kadang lebih penting dari ponselnya sendiri, untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan maka segera keluarkan kedua komponen itu.

  • Keringkan ponsel dengan kain handuk

Keringkan ponsel menggunakan kain handuk secara menyeluruh bagian luar dan dalam ponsel dengan cara mengelapnya secara perlahan, usahakan jangan menggerak-gerakan ponsel agar air tidak bergerak ke sana ke mari.

  • Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)

Jika ada, fungsi vacuum cleaner ini dapat membantu mengeringkan ponsel dengan cepat. Usahakan jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat dengan ponsel dan jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) karena dapat menimbulkan kelembaban pada ponsel. Sehingga dikhawatirkan berpotensi memperparah kerusakan.

  • Gunakan bahan penyerap air seperti beras
Baca Juga:  [Mudah] Tutorial Cara Flash Ulang Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H

Masukan ponsel ke dalam beras dan dibiarkan semalaman atau lebih lama lagi untuk menyerap kelembaban ponsel. Selain beras, dapat juga menggunakan silica gel caranya masukan ponsel bersama silica gel ke dalam wadah tertutup rapat, agar lebih efektif menyerap kelembaban putarlah ponsel tiap beberapa jam sekali agar air dalam keluar lewat bawah.

  • Coba nyalakan ponsel

Setelah melakukan beberapa tahapanan diatas, kini cobalah nyalakan ponsel dan lihat apakah ponsel sudah berfungsi normal, jika ponsel tidak mau menyala, coba hubungkan ke charger. Jika dengan cara ini ponsel berhasil menyala, kemungkinan baterai rusak dan harus diganti. Dan jika memungkinkan mintalah bantuan tenaga professional untuk mengecek ponsel tersebut agar benar-benar bisa berfungsi dengan normal kembali.

Demikianlah Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air dari kami semoga bermanfaat untuk anda.

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air | Maressa Bernadetta | 4.5