Tunggu, sedang memuat. . .

{Trik Jitu} Cara Menghapus Duplikat Kontak Ganda di Android

Viatekno.com – Hampir semua perangkat seluler tentunya membutuhkan sinkronisasi data kontak ketika memulai sebuah aktivitas maupun mengganti kartu SIM atau setelah melakukan pengaturan ulang tak terkecuali dengan ponsel android. Dalam hal inilah kemudian para pengguna seringkali mengeluhkan terjadinya double kontak atau biasa dikenal dengan duplikat kontak.

Tentu hal tersebut bukanlah merupakan masalah yang besar, namun tetap saja yang namanya sesuatu hal yang tidak sewajarnya ataupun berlebihan membuat hal tersebut sangat menjengkelkan terlebih lagi jika anda ternyata memiliki jumlah kontak yang banyak terhitung ratusan ataupun bahkan ribuan tentu menjadi pekerjaan berat untuk menghapus duplikat kontak satu-persatu.

Kebanyakan para pengguna seringkali lupa bahwasanya sebelum melakukan factory reset atau pengaturan ulang maupun mengganti SIM baru pada ponsel sebelumnya telah melakukan backup yang memuat segala macam data di perangkat smartphone android anda tak terkecuali dengan data kontak anda dan nyatanya di perangkat tersebut juga masih tersimpan data kontak, jadi alhasil ketika melakukan sinkronisasi otomatis backupan tersebut akan masuk kembali meskipun di ponsel android masih ada data yang kemudian menjadi double.

Nah bagi anda para pembaca dan pengguna ponsel android yang mengalami hal serupa rasanya tak perlu risau dan tak perlu capek-capek untuk menghapus double kontak di perangkat seluler anda.

Lantas adakah cara cepat untuk mengatasi hal tersebut?

Tentunya ada, karena admin juga pernah mengalami hal serupa dan ada tiga langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi double kontak di smartphone android anda, untuk itu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tiga Cara Hapus Kontak Ganda di Ponsel Android

Bagi anda yang mengalami masalah diatas dapat menggunakan beberapa metode diantaranya: dengan menggunakan fitur bawaan dari ponsel atau yang biasa dikenal dengan Merge Accounts, bisa juga dengan menggunakan layanan Gmail, dan yang terakhir menggunakan bantuan dari layanan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga:  [Tutorial] Cara Menghapus Kontak Ganda di Android

1. Menghapus Double Kontak di Android dengan Merge Account

Bagi anda yang tak ingin dengan hal yang rumit, cara ini terbilang sangat mudah dan simple dengan hanya menggunakan fitur bawaan yang tersedia di ponsel android ini.

  • Hal pertama yang harus anda lakukan yakni dengan masuk ke menu kontak terlebih dahulu kemudian pilih “Merge Accounts”.

cara menghapus duplikat kontak di android

  • Selanjutnya akan tampil menu box dengan pilihan tiga menu, pilih “Merge From Google” dan pilih Next, OK.
  • Sampai disini proses kontak duplikat anda akan otomatis hilang.

2. Menghapus Double Kontak di Android dengan Gmail

Untuk metode yang kedua bisa dikatakan sebagai cara alternativ jika ternyata ponsel android anda tak memiliki fitur bawaan seperti diatas yakni “Merge Account” yang biasanya terjadi pada smartphone Xiaomi, untuk lebih lengkapnya simak dibawa ini:

  • Langkah pertama masuk ke akun Gmail anda melalui perangkat PC, kemudian pilih “Contacts” pada bagian kiri atas.

cara menghapus duplikat kontak di android

  • Selanjutnya klik menu “More” sesuai dengan tanda panah dibawah ini lalu “Find & Merge Duplicates”.
  • Langkah terakhir yakni centang kontak dan pilih “Merge” untuk menghapus duplikat pada kontak anda.

3. Menghapus Double Kontak di Android dengan Aplikasi

Nah jika anda sudah mencoba dengan dua cara diatas namun masih tetap saja tak berhasil mungkin anda dapat mencoba cara terakhir ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni dengan mengunduh “Duplicate Contacts” yang tersedia secara gratis di layanan Google Play Store. Mengenai langkah-langkah rasanya tak perlu dijelaskan karena begitu mudah menggunakan aplikasi ini, untuk itu semoga membantu dan bermanfaat, Selamat mencoba.


Baca Juga:

{Trik Jitu} Cara Menghapus Duplikat Kontak Ganda di Android | admin imam | 4.5