Tunggu, sedang memuat. . .

[Tutorial] Cara Membersihkan Memori Internal di Android Dengan Mudah

ViaTekno.Com – Ini adalah termasuk topik yang paling ramai akhir akhir ini. Banyak pengguna android yang bingung mencari cara membersihkan memori internal dari sampah sampah. Jika anda pernah merasakan peringatan memori penuh secara tiba tiba maka wajib membaca tutorial berikut ini.

Secara umum sebenarnya ada 2 cara membersihkan internal memori di android. Pertama adalah menggunakan bantuan aplikasi ketiga atau kedua anda menggunakan metode manual. Saya disini akan menunjukan dua duanya jadi anda bisa memilih yang anda sukai. Mari kita mulai.

#1. Pindahkan Aplikasi Anda.

Kita sudah tahu bahwa aplikasi yang langsung dipasang otomatis terinstall di memori telepon dan menyimpan file-file aplikasi di penyimpanan internal. Jadi, kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan file-file instalasi android ke kartu SD sehingga Anda bisa mendapatkan ruang bebas dari dalam memori telepon Anda.

Kita bisa menggunakan aplikasi “AppMgr III (App 2 SD)” dan Anda dapat dengan bebas men-download dari Playstore. Saat ini, aplikasi ini berada di bawah klub peringkat bintang-4.2 dan memiliki review yang sangat baik mengenai aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat sederhana Anda hanya perlu menginstalnya dan kemudian Anda dapat memeriksa aplikasi yang bergerak dan kemudian memindahkan aplikasi dan membebaskan ruang memori internal di smartphone Anda.

#2. Hapus Duplikat File Anda

Kami menyarakan ini sebagai alternatif yang kedua penyebab ada beberapa alasan. Kita semua memiliki aplikasi WhatsApp pada ponsel kami dan kami ditambahkan ke beberapa kelompok.

Ketika orang-orang mengirim gambar, video dan hal-hal ke dalam kelompok dan banyak kali kita menerima bahwa gambar atau video yang sama lagi dan lagi sehingga kita tidak peduli tentang memori bahwa file duplikat digunakan.

Tapi dengan cara ini Anda akan secara efektif dapat menyimpan penyimpanan internal ponsel Anda. Anda hanya perlu menginstal satu aplikasi pihak ketiga yang dapat menemukan file duplikat pada ponsel android Anda dan menghapusnya. Aplikasi bernama “Duplicated File Finder” dan ini gratis juga.

#3. Bersihkan Cache

Salah satu bagian yang paling penting dari setiap ponsel android merupakan cache. Thumbnaik galeri Anda, duplikat file atau file cache yang hanya digunakan atas dasar sementara. Ini adalah file yang disimpan oleh web browser, aplikasi seperti google maps, MX Player, Instagram, Facebook Messenger dan semua.

Jadi jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang pada ponsel Anda, Anda perlu untuk membersihkan penyimpanan tembolok untuk mendapatkan lebih banyak.

Baca Juga:  [ TUTORIAL WORK ] Cara Flash Andromax C3 AD6B1H

Pertama anda pergi ke Settings >> Storage & USB dan klik “Cache Data” kemudian anda akan ditanyakan yakin atau tidak . Pilih OK.

#4. Gunakan SD Card Sebagai Memori Internal

Memori telepon adalah lokasi default pada setiap ponsel android di mana semua aplikasi menyimpan file instalasi mereka seperti gambar, gambar yang diedit, dokumen dan jenis lain dari data. Jadi  jika Anda dapat menggunakan penyimpanan default seperti SD Card sehingga jika dapat menyimpan lebih banyak ruang untuk menginstal lebih aplikasi.

Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk melakukan itu. Pertama pergi keSettings >> Storage & USB Kemudian Klik “Portable storage” dan Tap “Format as internal storage” >> “Erase & Format“.

Sekarang penyimpanan portabel ini akan bekerja sebagai penyimpanan default smartphone Anda. Tetap diingat jika Anda mencabutvkartu SD sehingga akan kehilangan hubungan antara ponsel Anda sebagai memori standar.

Jadi pastikan jangan mencoba untuk menghapus SD Card. Tapi, jika ada beberapa jenis situasi muncul di mana Anda perlu untuk menghapus SD Card sehingga Anda harus mengikuti prosedur yang sama ini lagi.

#5. Buang File Yang Tidak Dipakai

Jika Anda benar-benar membutuhkan lebih banyak ruang mendesak. sehingga Anda memiliki cara lain sederhana yang mungkin cepat untuk Anda. Anda hanya perlu mencari tahu file yang ukurannya cukup besar dan menghapus file-file yang tidak perlu dari ponsel Anda.

Biasanya, sulit untuk menemukan file besar di android Anda yang mengkonsumsi banyak ruang tetapi Anda punya alternatif  lain untuk melakukannya. Anda dapat menginstal aplikasi pihak ketiga untuk membantu mengecek ukuran file.

aplikasi pihak ketiga ini akan men scan file terbesar di android dan membantu Anda untuk menghapus file yang tidak perlu.

Anda dapat menggunakan aplikasi bernama “Storage Analyzer & Disk Usage” dan itu tersedia secara bebas di google play store. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur keren lainnya yang dapat membantu Anda untuk mengatur ruang memori Anda.

Baca Juga:

[Tutorial] Cara Membersihkan Memori Internal di Android Dengan Mudah | randy setiawan | 4.5