Tunggu, sedang memuat. . .

[Tutorial] Cara Mengaktifkan USB OTG di Android Mudah

Cara mengaktifkan usb otg di android

ViaTekno.Com – Android memang semakin canggih, kini ada fitur yang dapat menghubungkan antara handphone dan perangkat removeable disk yang biasanya hanya dapat digunakan menggunakan PC.

Dengan USB OTG anda dapat langsung copy atau paste dari flahdisk ke android atau sebaliknya dan ini sangat berguna sekali bagi anda yang mobilitasnya tinggi dan sering transfer data terkait pekerjan atau kuliah.

Namun sayangnya tidak semua android langsung aktif begitu saja, beberapa ponsel android perlu aktivasi terlebih dahulu, mungkin terlihat repot tapi usb otg ini akan sangat bermanfaat nantinya

Untuk bisa menggunakan fitur ini anda harus mempunya port converter dari usb ke micro usb. Harganya cukup mura, sekitar 15K di took aksesoris handphone.

Nah bagi anda yang ingin langsung mencoba cara mengaktifkan usb otg di android bisa langsung simak caranya berikut ini:

Tutorial Cara Mengaktifkan USB OTG di Android

1. Pertama silahkan sobat download dulu aplikasinya berikut ini :

https://play.google.com/store/apps/details?id=org.tauruslabs.usbhostcheck

2. Kemudian Install sampai selesai dan jalankan, maka nanti akan muncul tampilannya seperti berikut ini :

Cara mengaktifkan usb otg di android

3. Ketiga = Jika nanti muncul notifikasi “usb host support is not enable on this device” itu artinya usb.host.xml tidak ditemukan pada sistem android anda, sehingga anda perlu membuatnya secara manual.

Cara mengaktifkan usb otg di android

Buka notepad dan copy code di bawah ini,

<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<permissions>
<feature name=”android.hardware.usb.host” />
</permissions>

4. Keempat simpan dengan format file xml. Fungsi code dibawah ini untuk mengaktifkan dukungan usb host pada android anda.

5. Dan langkah selanjutnya pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke smartphone android dan paste ke folder etc/permissions.

6. Lalu selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi usb host chek dan klik ree-chek kalau berhasil akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Baca Juga:  3 Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

Cara mengaktifkan usb otg di android

Demikianlah tutorial cara mengaktifkan usb otg di android. Semoga tutor diatas bisa membantu. Terima Kasih sudah berkunjung

Baca Juga:

[Tutorial] Cara Mengaktifkan USB OTG di Android Mudah | randy setiawan | 4.5